Senin, 26 November 2012

AWAL MULA KARIR JOSE MORINHO

Berikut ini biodata singkat tentang Jose Mourinho, yang hari ini, Senin (2/6/2008) malam WIB, resmi menjadi pelatih Inter Milan, mengisi tempat yang telah ditinggalkan Roberto Mancini:
- Lahir di Setubal, Portugal, pada 26 Januari 1963
- Tak pernah sukses jadi pemain, di tahun 1992 ia menerima pekerjaan sebagai penerjemah mantan pelatih timnas Inggris Bobby Robson di Sporting Lisbon. Ia kemudian dipromosikan sebagai asisten pelatih dari 1994-1996.
- Pada musim panas 1996 mengikuti Robson pindah ke Barcelona dan membantu klub top Catalan itu memenangi Copa del Rey, Piala Super Spanyol, dan Piala Winners.
- Di tahun 2000 melakoni profesi pertamanya sebagai pelatih (kepala). Di bulan September ia dipinang Benfica, menggantikan Jupp Heynckes.
- Di pertengahan musim itu ia meminta perpanjangan kontrak setelah Benfica memiliki presiden baru. Tapi keinginannya ditolak. Mourinho pun memutuskan mundur pada 5 Desember 2000, atau setelah memimpin klub tersebut dalam sembilan pertandingan liga.
- Sebulan kemudian ia direkrut Uniao de Leiria, yang dibawanya finish di urutan lima Liga Portugal — persis di atas Benfica. Itulah prestasi tertinggi De Leiria dalam sejarahnya.
- Pada Januari 2002 Mourinho diboyong klub yang lebih besar, FC Porto. Hanya dalam dua tahun ia mempersembahkan enam tropi juara untuk timnya, antara lain titel liga (2003 & 2004), Piala UEFA (2003) dan Liga Champions (2004).
- Di musim panas 2004 Mourinho dikontrak Chelsea untuk tiga musim. Ia langsung membawa klub London itu menjuarai Liga Inggris untuk pertama kalinya dalam 50 tahun. Di musim itu ia juga memenangi Piala Liga Inggris.
- Di musim 2005/2006 Mourinho tetap berjaya. Chelsea berhasil mempertahankan gelar Premiership-nya.
- Di musim 2006/2007 Chelsea finish sebagai runner up di bawah Manchester United. Tapi Mourinho masih bisa memenangi Piala Carling dan Piala FA. Di Liga Champions Chelsea tersingkir di babak semifinal di tangan Liverpool.
- Setelah start yang lambat di musim berikutnya, pada 20 September 2007 Chelsea mengumumkan berakhirnya kerja sama mereka dengan Mourinho. Hubungan yang buruk dengan Roman Abramovich diyakini memicu perpisahan Mourinho dengan publik Stamford Bridge.
- Di bulan Desember ditawari melatih timnas Inggris, tapi Mourinho menolak.
- Pada 2 Juni 2008, setelah konon didekati bos Inter Massimo Moratti sejak bulan Januari, Mourinho resmi menjadi pelatih juara Italia itu. Ia dikontrak untuk tiga tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar