Senin, 12 November 2012

LIGA DUNIA

SEJARAH AWAL TERBENTUKNYA REAL MADRID

1900-1910
Dekade pertama dari abad 20 diwarnai sejumlah rangkaian peristiwa yang terkait dengan Real Madrid, pembentukan klub yang menandai dimulainya panggung persepakbolaan Spanyol. Kasarnya lapangan yang pertama, pendirian federasi sepakbola, gelar resmi pertama, debut internasional Madrid.. Kesemuanya itu merupakan prakarsa Carlos Padros, Presiden Madrid FC, sosok yang menentukan kuatnya akar olahraga di Spanyol.

Sky, Preseden Langsung
DI awal 1897, sekumpulan pelajar muda di Institut Libre de Ensenanza membentuk kelompok olahraga yang dinamai Sky FC. Itulah preseden langsung dari Madrid FC.

Julian Palacios Pimpin Klub
Sekelompok pemain andalan yang dikapteni Julian Palacios meninggalkan Sky. Palacios jadi pimpinan grup tersebut dan secara tak resmi memimpin Madrid Football Club yang baru dan beranggotakan 50 orang.

Lapangan Tukang Marmer Estrada
Lapangan pertama tempat Madrid bertanding letaknya berdekatan dengan balai kerja tukang marmer Estrada di area sekitar Jalan Velazquez, dekat dengan pekerjaan konstruksi jalan Lista (kini bernama Ortega dan Gaset) dan Nunez de Balboa.

Sewa Sebidang Tanah di Jalan Bullring
Lapangan kedua dalam sejarah Real Madrid adalah sebidang tanah di Jalan Bullring berada. Tanah dimaksud dimiliki Ratu Maria Cristina dan Counts Villapadierna. Klub membayar 150 pesetas (90 sen Euro sebagai uang sewa tahunan. Para pemain mengubah kit mereka di sebuah kedai yang bernama La Taurina.

Yayasan Madrid FC
Pada 6 Maret 1902, setelah terpilihnya dewan direksi baru yang dipimpin Juan Padros, secara resmi Madrid FC berdiri. Pada 18 April, Regulasi Klub, yang terdiri dari 22 artikel dan terbagi dalam tiga tajuk utama dipresentasikan kepada pihak yang berwenang. Pada 22 April 1902, Jose Sanchez-Guerra, Gubernur Sipil Provinsi mengesahkan dokumen (regulasi) tersebut.

Digelarnya Kejuaraan Spanyol Pertama
Untuk merayakan proklamasi Alfonso XIII sebagai Raja Spanyol, Madrid FC merintis diadakannya Kejuaraan Spanyol yang pertama. Alberto Aguilera, Wali Kota Madrid, mendukung diselenggarakan turnamen sepakbola tersebut dan mendonasikan sebuah trofi perak sebagai hadiah bagi tim pemenang. Turnamen digelar di Madrid. Vizcaya tampil sebagai juara.

Laga Pertama Madrid-Barcelona
Pada 13 Mei 1902, semifinal Kejuaraan Spanyol edisi pertama menampilkan laga pertama antara Madrid dan Barcelona sepanjang sejarah. Barcelona memenangi pertandingan tersebut dengan skor 3-1 berkat kontribusi enam pemain asingnya.

Albeniz, Pemain Madrid Pertama yang Ditransfer dari Barcelona
Alfonso Abeniz Jordana menjadi pemain pertama yang hengkang dari Barcelona dan bergabung bersama Madrid. Pada 23 Mei 1902, satu harian di masa tersebut memberi konfirmasi perihal transfer Albeniz dengan kalimat: “Kami telah mengetahui bahwasanya Tuan Albeniz, mantan pemain andalan Barcelona yang dikenal dengan antusiasmenya, telah bergabung dengan Real Madrid FC, sebagaimana halnya dengan para pemain bagus lainnya yang tidak lagi kami ingat satu persatu, namun bakal berkomentar saat laporan pertandingan berikutnya.

Trofi Pertama: Dua Piringan Keramik
Madrid diundang untuk berpartisipasi pada perayaan yang digelar di El Escorial, 1902. Sebagai bagian dari acara tersebut digelar pertandingan antara Madrid dan Moncloa. Pada 11 Agustus 1902, di samping fasad biara, laga tersebut berakhir dengan skor 6-5 untuk kemenangan Madrid. Tim pemenang mendapat hadiah dua piringan keramik yang menjadi trofi pertama klub sepanjang sejarah.

Penggerak di Balik Pembentukan FIFA
Carlos Padros, Presiden Madrid di periode1904-1908, adalah sosok kreator kejuaraan Spanyol, kejuaraan Madrid pada 1905 dan salah satu sosok dari kekuatan di balik pembentukan FIFA pada 1904.

Lima Kali Juara Kejuaraan Madrid
Sebagai Presiden Asosiasi Sepakbola Madrid, Carlos Padros merasa perlu untuk mengadakan Kejuaraan Madrid yang kali pertama digelar di musim 1904-1905. Lima kali Madrid menjuarai turnamen singkat ini yang hanya digelar sembilan kali.

Titel Resmi Pertama
Pada 18 April 1905, setelah menyingkirkan Recreation San Sebastian dari Kejuaraan Madrid, Madrid bertemu dengan Athletic Bilbao di babak final. Madrid menang 1-0 berkat gol tunggal yang dicetak Manuel Prast. Itulah gelar resmi pertama sepanjang sejarah klub.

Debut Internasional
Madrid mengorganisir laga persahabatan melawan klub Prancis Galia, dalam rangka memperingati kunjung Presiden Prancis M. Loubert ke Madrid. Pertandingan dilangsungkan 23 Oktober 1905 dan berakhir dengan hasil imbang 1-1. Itulah partai internasional pertama yang diadakan di Kota Madrid.

Menyimpan Trofi Piala Spanyol
Kemenangan di ajang Piala Spanyol tiga kali berturut-turut, 1905, 1906, dan 1907, memungkinkan Madrid menyimpan trofi piala yang asli. Dengan brilian Madrid kembali menjuarainya pada 1908, yang berarti selama empat tahun Madrid mendominasi persepakbolaan nasional.

Pembentukan FA Spanyol
Bertempat di klub, 4 Januari 1909, usai diadakannya pertemuan dengan delegasi dari klub-klub Spanyol lainnya, lahirlah Asosiasi Sepakbola (FA) Spanyol. Presiden Real Madrid, Adolfo Melendez menandatangani kesepakatan yayasan menyusul penunjukkannya sebagai sekretaris organisasi oleh setiap delegasi yang hadir. Pada 11 November 1909, secara resmi FA Spanyol terdaftar di Pemerintahan Sipil Madrid.

Mantan Pemain Madrid Berraondo Dirikan Real Sociedad
Jose Angel Berraondo memainkan peranan yang krusial bagi kesuksesan Madrid yang menjuarai empat kali Piala Spanyol, 1905-1908. Selain menjadi pemain, Berraondo pun menjadi Wakil Presiden Klub di masa Arturo Melendez menjabat sebagai Presiden Sementara. Pada 1909, Berraondo kembali pulang ke kampung halamannya, San Sebastian. Dengan dalih profesional, bersama rekan-rekannya Berraondo mendirikan Real Sociedad.

Sewa Lapangan Seribu Pesetas Per Bulan
Pada 1910, Madrid meninggalkan lapangan primitifnya di kawasan Bullring dan pindah ke lapangan O’Donnell yang terletak antara jalan Narvaez, O’Donnell, Duque de Sesto, dan Fernan Gonzalez. Madrid mengeluarkan dana sebesar 1.000 pesetas (enam euro) sebagai uang sewa bulanan. Lapangan O’Donnell berdimensi panjang 115 meter dan lebar 85 meter. Dua tahun kemudian, 1912, klub membangun pagar di sekeliling lapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar